ARTIFICIAL INTELLIGENCE
(Kecerdasan Buatan)
https://www.clubindustry.com/resourcebeat/artificial-intelligence-has-invaded-fitness-business
https://www.clubindustry.com/resourcebeat/artificial-intelligence-has-invaded-fitness-business
Kecerdasan
Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan
mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi.
Hal Ini biasanya dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi
berpikir dari kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai
algoritma yang dikenal oleh komputer. Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih
fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang
mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI biasanya
dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang
lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang
lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua bidang
ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya menciptakan suatu
kecerdasan buatan.
Pengertian
lain dari kecerdasan buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin
komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia.
Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja.
Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin
mendominasi kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat
hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk
mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.
Manusia
bisa menjadi pandai dalam menyelesaikan segala permasalahan di dunia ini karena
manusia mempunyai pengetahuan dan pengalaman Pengetahuan diperoleh dari
belajar. Semakin banyak bekal pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang tentu
saja diharapkan akan lebih mampu dalam menyelesaikan permasalahan. Namu bekal
pengetahuan saja tidak cukup, manusia juga diberi akal untuk melakukan penalaran,
mengambil kesimpulan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki.
Tanpa memiliki kemampuan untuk menalar dengan baik, manusia dengan segudang
pengalaman dan pengetahuan tidak akan dapat menyelesaikan masalah dengan baik.
Demikian pula dengan kemampuan menalar yang sangat baik, namun tanpa bekal
pengetahuan dan pengalaman yang memadai, manusia juga tidak akan bisa
menyelesaikan masalah dengan baik.
Agar
komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus
diberi bekal pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar. Untuk itu AI
akan mencoba untuk memberikan beberapa metoda untuk membekali komputer dengan
kedua komponen tersebut agar komputer bisa menjadi mesin pintar.
Lingkup utama kecerdasan buatan:
- Sustem pakar. Komputer
digunakan sebagai saran untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan
demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah
dengan meniru keahlian yang dimiliki para pakar
- Pengolahan bahasa alami. Dengan
pengolahan bahasa alami ini diharapkan user mampu berkomunikasi dengan
komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
- Pengenalan ucapan. Melalui
pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu berkomunikasi dengan komputer
dengan menggunakan suara.
- Robotika dan Sistem sensor
- Computer vision, mencoba untuk
dapat mengintrepetasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer
- Intelligent Computer aid
Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan
mengajar.
Keuntungan Kecerdasan Buatan :
- Kecerdasan buatan lebih
bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal
ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak
akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
- Kecerdasan buatan lebih mudah
diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu
orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu
keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika
pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebuat
dapat ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu komputer ke
komputer lain
- Kecerdasan buatan lebih murah
dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih
mudah dan lebih murah dibanding dengan harus mendatangkan seseorang untuk
mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
- Kecerdasan buatan bersifat
konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan buatan adalah bagian dari
teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
- Kecerdasan buatan dapat
didokumentasikan. Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasikan
dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut.
Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
- Kecerdasan buatan dapat
mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami
- Kecerdasan buatan dapat
mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.
Keuntungan
kecerdasan alami:
- Kreatif. Kemampuan untuk
menambah ataupun memenuhi pengetahuan itu sangat melekat pada jiwa
manusia. Pada kecerdasan buatan, untuk menambah pengetahuan harus
dilakukan melalui sistem yang dibangun
- Kecerdasan alami memungkinkan
orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan
buatan harus bekerja dengan input-input simbolik
- Pemikiran manusia dapat
digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas.
Sejarah Kecerdasan Buatan
Era Komputer Elektronik (1941)
- Ditemukannya
pertama kali alat penyim-panan dan pemprosesan informasi yang disebut
komputer elektronik. Penemuan ini menjadi dasar pengembangan program yang
mengarah ke KB.
Masa Persiapan KB (1943 – 1956)
- Tahun 1943,
Warren McCulloch dan Walter Pitts
mengemukakan
tiga hal, yaitu :
a. pengetahuan fisiologi dasar
dan fungsi sel syaraf
dalam otak
b. analisis formal tentang logika
proposisi (propositional logic)
c.teori komputasi Turing
- Tahun 1950,
Norbert Wiener membuat penelitian mengenai prinsip-prinsip teori feedback.
Contoh yang terkenal adalah thermostat. Penemuan ini juga merupakan awal
dari perkembangan KB.
- Tahun 1956,
John McCarthy meyakinkan Minsky, Claude Shannon dan Nathaniel Rochester
untuk membantunya melakukan penelitian dalam bidang Automata, Jaringan
Syaraf dan pembelajaran intelijensia.
Mereka
kerjakan projek ini selama dua tahun di Dartmouth. Hasilnya adalah program yang
mampu berpikir non-numerik dan menyelesaikan masalah pemikiran yang dinamakan
Principia Mathematica. Hal ini menjadikan McCarthy
disebut sebagai ”Bapak Kecerdasan Buatan”.
C.
Awal Perkembangan Kecerdasan Buatan (1956 – 1969)
- diawali
dengan kesuksesan Newell dan Simon dengan sebuah program yang disebut
”General Prbolem Solver”. Program ini dirancang untuk memulai penyelesaian
masalah secara manusiawi.
- tahun 1958,
McCarthy mendefenisikan bahasa pemrograman tingkat tinggi, yaitu LISP,
yang sekarang mendominasi pembuatan program-program kecerdasan
buatan.
- McCarthy
membuat program yang dinamakan programs with Common Sense. Di dalam
program tersebut, dibuat rancangan untuk menggunakan pengetahu-an dalam
mencari solusi.
- Tahun 1959,
Nathaniel Rochester dari IBM dan mahasiswa-mahasiswanya mengeluarkan
program, kecerdasan buatan, yaitu geometry Theorm Prover. Program ini
dapat membuktikan suatu teorema menggunakan axioma-axioma yang ada.
- Tahun 1963,
program yang dibuat James Slagle mampu menyelesaikan masalah integral
untuk mata kuliah kalkulus.
- Tahun 1968,
program analogi buatan Tom Evan menyelesaikan masalah analogi geometris
yang ada pada tes IQ.
Sistem Berbasis
Pengetahuan (1969 – 1979)
Pengetahuan adalah kekuatan
pendukung KB. Hal ini dibuktikan dengan program yang dibuat oleh Ed
Feigenbaum, Bruce Buchanan dan Joshua Lederberg yang membuat program untuk
memecahkan masalah struktur molekul dari informasi yang didapatkan dari
spectometer massa. Program ini dinamakan Dendral Programs yang berfokus pada
segi pengetahuan kimia. Dari segi diagnosa medis juga sudah ada yang
menemukannya, yaitu Saul Amarel dalam proyek Computer in Biomedicine. Proyek
ini diawali dengan keinginan untuk mendapatkan diagnosa penyakit berdasarkan
pengetahuan yang ada pada mekanisme penyebab proses penyakit.
KB
menjadi sebuah industri (1980 – 1988)
- Industrialisasi
KB diawali dengan ditemukannya ”sistem pakar” (expert system) yang
dinamakan R1 yang mampu mengonfigurasi sistem-sistem komputer baru.
Program tersebut mulai dioperasikan di Digital Equipment Corporation
(DEC), McDermot tahun 1982.
- Tahun 1986,
program tersebut mampu menghemat biaya US$ 40 juta /tahun.
- Tahun 1988,
Kelompok KB di DEC menjalankan 40 sistem pakar.
- Booming KB
ini juga melibatkan perusahaan-perusahaan besar seperti Carnegie Group,
Inference, Intellicorp dan Technoledge yang menawarkan software tools
untuk membangun sistem pakar.
- Perusahaan
Hardware seperti LISP Machines Inc, Texas Instruments, Symbolics dan Xerox
juga turut berperan dalam membangun workstation yang dioptimasi untuk
pembangunan LISP.
Era Kembalinya
Jaringan Syaraf Tiruan (1986 – Sekarang)
- Para ahli
fisika seperti Hopfield (1982) menggunakan teknik-teknik mekanika
statistika untuk menganalisa sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada
jaringan syaraf.
- Para ahli
psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton, melanjutkan penelitian
mengenai model jaringan syaraf pada memori.
- Pada tahun
1985-an, sedikitnya empat kelompok riset menemukan kembali algoritma
belajar propagasi balik (Back-Propagation learning). Algoritma ini
berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan psikologi.
Kategori Definisi AI
Dikelompokkan menjadi 4 macam :
Detail Kecerdasan Buatan
- Sudut Pandang Kecerdasan ,Kecerdasan buatan mampu membuat mesin
menjadi cerdas (berbuat seperti yang dilakukan manusia)
- Sudut Pandang Penelitian ,Kecerdasan buatan adalah studi bagaimana membuat
komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan manusia
- Sudut Pandang Bisnis, Kecerdasan buatan adalah kumpulan
peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah
bisnis
- Sudut Pandang Pemrogram, Kecerdasan buatan meliputi
studi tentang pemrograman simbolik, problem solving, dan pencarian
(searching)
Bagian Utama AI
- Basis Pengetahuan (knowledge
base),berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan komponen satu
dengan yang lainnya
- Motor Inferensi (inference
engine),Kemampuan menarik kesimpulan berdasar pengalaman. Berkaitan
dengan representasi dan duplikasi proses tersebut melalui mesin (misalnya,
komputer dan robot).
Konsep Kecerdasan Buatan
- Turing Test, Metode
Pengujian Kecerdasan (Alan Turing).Proses uji ini melibatkan seorang
penanya (manusia) dan dua obyek yang ditanyai.
- Pemrosesan Simbolik ,Sifat
penting dari AI adalah bahwa AI merupakan bagian dari ilmu komputer yang
melakukan proses secara simbolik dan non-algoritmik dalam penyelesain
masalah.
- Heuristic, Suatu strategi untuk melakukan proses
pencarian (search) ruang problem secara efektif, yang memandu
proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki
kemungkinan sukses paling besar.
- Inferensi (Penarikan
Kesimpulan) à AI mencoba membuat mesin memiliki kemampuan berpikir
atau mempertimbangkan (reasoning), termasuk didalamnya proses (inferencing)
berdasarkan fakta-fakta dan aturan dengan menggunakan metode heuristik,
dll
- Pencocokan Pola (Pattern Matching) à Berusaha untuk menjelaskan obyek, kejadian (events)
atau proses, dalam hubungan logik atau komputasional
“State of the Art” AI
- Deep Blue mengalahkan Kasparov, juara dunia Catur.
- PEGASUS, suatu sistem memahami ucapan yang mampu
menangani transaksi seperti mendapatkan informasi tiket udara termurah.
- MARVEL: suatu sistem pakar real-time memonitor arus
data dari pesawat Voyager dan setiap anomali sinyal.
- Sistem robot mengemudikan sebuah mobil dengan kecepatan
yang cepat pada jalan raya umum.
- Suatu diagnostik sistem pakar sedang mengkoreksi hasil
diagnosis pakar yang sudah punya reputasi.
- Agent pintar untuk bermacam-macam domain yang bertambah
pada laju yang sangat tinggi .
- Subjek materi pakar mengajar suatu learning agent
penalarannya dalam pusat penentuan gravitasi.
Tujuan Kecerdasan Buatan
- Membuat komputer lebih cerdas
- Mengerti tentang kecerdasan
- Membuat mesin lebih berguna
Kecerdasan Buatan VS Kecerdasan
Alami
Perbedaan Kecerdasan Buatan dengan
Kecerdasan Alami
- Lebih permanen
- Menawarkan kemudahan duplikasi
dan penyebaran
- Lebih murah daripada kecerdasan
alami
- Konsisten dan menyeluruh
- Dapat didokumentasikan
- Dapat mengeksekusi tugas
tertentu lebih cepat daripada manusia
- Dapat menjalankan tugas
tertentu lebih baik dari banyak atau kebanyakan orang.
Kelebihan Kecerdasan Alami dibanding
AI
- Bersifat lebih kreatif
- Dapat melakukan proses
pembelajaran secara langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan
berupa simbol dan representasi-representasi
- Menggunakan fokus yang luas sebagai referensi untuk pengambilan keputusan. Sebaliknya, AI menggunakan fokus yang sempit.
Sumber : https://www.academia.edu/10083513/ARTIFICIAL_INTELLIGENCE_Kecerdasan_Buatan_
Rabu, 25 Desember 2017 Pukul: 15:36
Tidak ada komentar:
Posting Komentar